Heathkit TC-1

Koleksi alat ukur tabung seperti Heathkit Dynamic Tube Checker Model TC-1 ini benar-benar menyenangkan, kenapa? yah…disesuaikan dengan perangkat radio transceivernya juga yang sangat djadoel. Karena radionya tabung , jadi….wajib punya alat ukurnya . Nah mana kita tau komponen tabungnya dah berkurang emisinya kalau tak ada alat ukurnya.

Mari kita nikmati penampakan Heathkit Dynamic Tube Checker ini…..

Gambar samping

Gambar samping

Tampak atas

Tampak atas

Kabel silicon belum saya ganti, tampak kabel aselinya sudah pecah termakan waktu

Roll sheet

Roll sheet

Manual Book

Manual Book

Tampak saya sisipkan “silica gel” berhubung ini barang gampang berjamur maka saya simpan sebagai “pengawet” karena sebelum saya pakai silica sempat berjamur dan sekarang bebas jamuran terutama boxnya

Ini bentuk kopernya

Ini bentuk kopernya

Nah bicara alat ukur ini kalau enggak salah Tester Tabung ini Ratjikan Tahoen 1950-an, saya dapat di situs lelang lebay.com sekitar 4 tahun yang lalu, jangan tanya kondisinya…ughh….. dekil dan bau heheheheheh selain itu ada beberapa bagian boks kayunya pecah akibat pengiriman via pos, maklum nggak pakai ekspedisi mahal tetapi yang penting barangnya sampai ke YB-land dah syukur banget maklum barang langka dan djadoel. Sekarang dah kinclong saya restore dan saya kalibrasi ulang sebagaimana kondisi aselinya.

Heathkit TC-1

Heathkit TC-1

Tampak gambar diatas adalah pengujian tabung 807

Lihat video pengujian tabung 6146 dengan menggunakan alat ukur tabung Heathkit TC-1 yang telah saya restorasi disini ketika saya merestorasi Transceiver Heathkit HW-101

 

12 responses to “Heathkit TC-1

  1. Mantap OM punya tube tester sendiri. Dulu saya harus ke Glodog kalo mau test tabung. Bayarnya gak mahal, tapi ke Glodognya kalo gak ada keperluan lain – apalagi cuma mau ngetest 2-3 tabung aja. Males bok… HI. 73.

    • Hahaha…. bener OM Hendro kalau nggak kepepet perlu pasti nggak ke Glodok. saya punya juga karena pakai radio-radio djadoel so wajib punya hehehe, thanks ya om hendro udah ngintip blog saya’73

      • Ngintipnya sih udah lama, cuma komentarnya baru sekarang. Dulu rumornya temen2, kalo kita beli tube baru dan waktu ditest oleh tokonya bisa bikin seolah emisinya masih OK, dg setting yg gak sesuai dg data yg ada di bukunya. Misalnya plate voltage yg harusnya 250V dikasih 260V, screen voltage juga dikasih bonus. Betul gitu gak ya OM ? Kalo punya sendiri khan bisa tahu.

      • Kalau tegangan seperti yang om Hendro bilang sih nggak ngaruh banyak om, yang kerasa tegangan di tambah kan daya keluarannya jadi gede, lah emisinya tetep aja segitu hehehe.

      • Maksudnya pembacaan di testernya yg sebenarnya di wilayah kuning, bisa jadi masuk wilayah hijau (OK). Atau mungkin dulu kita terlalu suudzon saja ya sama toko2 yg jual tubes itu. HI

      • Logikanya kalau si penjual bo’ong , kan pas om pasang di perangkat dan di test bisa ketahuan ya nggak, apalagi kalau itu tabung final.
        Dah om Hen, yuk nikmati remangnya cahaya lampu tabung aja diruangan operator sambil matiin lampu ruangan biar tambah romantis gituloh heheheh

      • Bulan lalu di laci meja/lemari masih nemu beberapa tabung lama, 807, EL34, 6L6, 25E5, 6GB6,6GB7, EF85, 6BQ5, 12AU7, 6BA6, 6005W. Power trafo ada di rak gudang tapi blm dilihat lagi kondisinya. Boleh juga tguh ya.

      • Masih om Hen, setahu saya di toko hermes dan deretannya, serta depan toko OK electronik juga ada jual , atau mau murah meriah di ebay.com buanyak om dan murah-murah. Yang saya tau harga glodok hadeuh lumayan mahal socketnya. Mau iseng-iseng cari copotan di lapak poncol samping stasiun senen om Hen itupun kalau belum diborong temen-temen yang lain

      • Hermes, nama itu sepertinya familiar juga di kuping. Kalo seberang OK itu dulu anggota ORARI juga. Di Poncol sih dekat rumah, tapi ntar2 dulu deh karna main tabung dulu juga cuma di AM doang.

      • Yah..kalee aja mau mengenang masa masa dulu lagi ngoprek tubes, tapi nggak harus kembali ke Mode AM lagi toh hehehe, iya tuh di hermes kan jualan tabung pasti jualan socketnya om Hen

Tinggalkan Balasan

