Bow-Tie 40 m

Untuk penggunaan pada band 40m band saya coba gunakan antenna Bow-Tie Dipole pada radio jadoel kesayangan saya, dengan total panjang antena kurang lebih 14 meter.

Antenna ini menggunakan balun 4:1 dan kabel saltrans menggunakan kabel TiVi 75 ohm yang ada di pasaran merk Kitani, material spacer saya gunakan pipa Clipsal yang seharga Rp.10.000,-/batang dengan panjang total per/batang 3 meteran.

Jarak spacer nggak kritis banget, lha wong saya aja pakai akal-akalan lebar spacer antar kabel saya pakai 20 cm, jarak antar spacer suka-suka saya yang penting nggak melintir kalau kena angin yaitu 50-60 cm per/spacer

Skema antena, terus itungannya bagaimana? nah saya juga nggak tau pas nemu skemanya di internet nggak ada itung-itungan rumusnya, kebetulan ada rumus lain dari buku lain begini :

  • 465/F untuk nitung Panjang bagian A
  • 200/F untuk ngitung Panjang bagian B

Wes pokoknya rakit, kalau hasilnya jelek ya nasib, mungkin harus tanya ahlinya soal per-antenaan (pesimis sebelum mulai)

Dah nekat aja, saya langsung beli material pipa Clipsal, potong pakai Cutter Pipe , rada modal lah jangan di gerjaji ya jelek hasilnya pakai gergaji heheheheh. Nah stelah di potong buat lubang dgn jarak spacer 20 cm, ingat jangan pakai paku di bakar terus di Chulek ke pipa, mbok ya pakai bor dia. 2.5 mm biar bagus, setuju.

Berikut hasil akhir perkaitannya.

Antena sudah nyantol di tower pakai kerekan, siap on air.

Saya nggak bisa berasumsi, karena saya bukan ahli yang beginian kenapa? setelah saya rakit saya coba pakai kabel saltrans 50 ohm type RG58 A/U yang rada murahan gitu loh, tapi hasilnya wadooooh SWR jeplak nggak mau sender pada SWR anlyzer saya dan inpedansi kecillll buanget paling gedhe 25 ohm. Maksud hati ingin berhemat karena cuma punya kabel tersebut tapi setelah lihat gambar eh…kok pakai kabel 75 ohm kenapa ya? atau mungkin ini antenna jaman baheula radionya masih pakai tabung kali ye bukan radio transistor kaya jaman sekakrang jadi pada 50 ohm. Akhirnya saya ganti deh tu kabel pakai kabel TiVi 75 ohm merk Kitani panjang semau “gue” 20 meter, eh….la dhalah impedansi flat 50 ohm dan SWR sender…der…ciamik banget, receive ademmmmmm, mancar maksimum.

Varian lain antena ini ada juga, cuman belum pernah saya coba, bentuknya mirip kumis kucing ya.

Jangan protes, itu rumus bener atau ngga yang penting buat saya di coba bisa , ya wes…gitu aja kok repot

Tinggalkan Balasan

