Mic Preamp Tabung

Beberapa waktu lalu saya mencoba membuat sebuah mic preamp 1 tabung untuk di gunakan pada radio tranceiver jadoel saya yaitu untuk Heathkit HW dan SB.

Sebetulnya standar preamp yang sudah di tanem di transceivernya sih lumayan dengan menggunakan Microphone Hi-Z impedansi, hanya saja saya ingin bicara lebih santai jika ditambahkan lagi pra penguat depannya. Alhasil saya coba menggunakan 1 tabung Rusia type 6H2N yang merupakan persamaan dari tabung 12AX7. Selain harga tabung rusia lebih murah dan versinya militer, mau mencoba?

Untuk hasil lebih baik, silahkan ganti Elko pada PSU 22uF mejadi 47Uf atau lebih, jika Tube 6X4 tidak ada bisa di ganti diode bridge, jika mau memnggunakan 12AX7/ECC83 kaki Heater 4-5/9 ke F1/F2. Choke trafo bisa di ganti dengan trafo untuk boster TV 100-200 mA

Transformer yang dipakai untuk tabung 6H2N, 0-110-175v/25mA 6.3-0-6.3/500mA  berminat pm aja ya 🙂

Kalau di lihat dari tampang cetakan sablonnya aseli Rusia dengan “CCCP”

Tampak jeroan modul yg telah setelah di rakit dan di uji menggunakan microphone Pace P-5511-A ( psttt…… micnya dapet dari ebay)

Nah Kalau setelah di uji mneggunakan Microphone Geotek Hi/Lo impedansi baru maknyus, karena menggunakan transformer impedansi bisa di atur dari 600 – 2k5 Ohm, Hem…..mantab, nggak rugi deh hasilnya sangat memuaskan, berikut hasil video testnya

Oke sekian dulu, selamat mencoba.

4 responses to “Mic Preamp Tabung

  1. saya coba buat pre amp pk ecc 83/trafo bekas radio tabung philip,,hasilnya kok degung ya om???asalnya dari dari Trafo,,efek medan magnet trafo menjadi Hum yg mengganggu saat di pakai diradio SSB….jd belum jumpa solusi penggnti trafo teg tingginya,,,

    • Dear om,
      Saya juga pernah mengalami hum pada preamp mic ini cukup tinggi, ternyata masalahnya karena saya tidak menggunakan kabel mic yang bercadar / shielded. Setelah saya ganti kabel input dan outputnya semua masalah teratasi selain pentanahan atau grounding jg harus baik.
      Salam

Tinggalkan Balasan

